Persyaratan Barcode Amazon

Beli Barcode atau lihat beberapa barcode dari kami yang diterima pada situs Amazon.

Kebijakan Amazon untuk nomor barcode terus berubah-ubah, serta cukup variatif dalam seberapa ketat dalam menjalankan aturan tersebut. Meskipun kami berupaya untuk menjaga informasi ini tetap mutakhir, jika Anda ingin memastikan tentang penerimaan barcode di situs Amazon, cara yang terbaik adalah memeriksanya secara langsung.

Amazon menggunakan nomor barcode (EAN 13 digit atau UPC 12 digit) sebagai identifikasi produk unik, lalu mereka juga menetapkan nomor identifikasi unik mereka sendiri – yang disebut ASIN (Nomor Identifikasi Standar Amazon).

Hingga beberapa tahun yang lalu, barcode di Amazon sangat tidak terkontrol – siapa pun dapat mencantumkan produk apa pun di Amazon menggunakan nomor barcode apa pun, selama nomor barcode tersebut belum digunakan untuk produk lain di Amazon. Namun, hal ini menyebabkan beberapa masalah serius bagi penjual yang sah, dan beberapa menemukan bahwa nomor mereka telah dicuri dan digunakan secara ilegal oleh orang lain di Amazon.

Mencari nomor barcode yang terdahulu

Pada tahun 2016, Eksekutif Amazon bergabung dengan dewan GS1, dan mereka mulai menerapkan kebijakan yang lebih ketat dan mulai melakukan ‘pembersihan rumah’ untuk merapikan database Amazon. Sayangnya, nomor barcode yang terdahulu masih digunakan di Amazon yang bertentangan dengan nomor yang kami miliki. Untuk menghindari masalah ini, kami telah menerapkan pencarian tingkat yang semakin rinci pada database Amazon untuk menemukan nomor terdahulu yang tidak sah. Kami menggunakan API Amazon, yang cukup berhasil dengan produk saat ini, tetapi sayangnya, ini terbatas pada seberapa dalam pencarian mereka di database Amazon. Jadi, pakar teknologi kami mengembangkan beberapa perangkat lunak penelusuran canggih yang jauh melampaui opsi penelusuran Amazon tradisional. Kami menggunakan perangkat lunak ini untuk mencari Amazon secara mendalam untuk semua nomor tersebut sebelum kami menjualnya. Jika menemukan salah satu dari ini (daftar nomor yang tidak sah), kami menghapus nomor tersebut dan tidak menjualnya. Ini adalah perangkat lunak yang jauh lebih efektif daripada API Amazon dan menelusuri jauh lebih dalam daripada penjual barcode lainnya.

Persyaratan Saat Ini

Amazon lebih memilih nomor barcode yang berasal langsung dari GS1 – mereka memiliki preferensi bahwa supplier mereka adalah anggota GS1 saat ini. Sayangnya, hal ini sangat memakan biaya, terutama untuk pabrikan / usaha kecil dan menengah – karena GS1 mengenakan biaya bergabung yang relatif mahal, ditambah biaya tahunan. Jadi keanggotaan GS1 adalah syarat efektif untuk dicantumkan di Amazon tetapi juga merupakan opsi yang cukup mahal.

Seperti disebutkan di atas, ada ribuan produk yang saat ini terdaftar di Amazon menggunakan barcode kami. Anda dapat melihat beberapa contoh di Tautan ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, Amazon telah bergerak untuk mencoba dan menghentikan produk bermerek (merek besar) yang terdaftar di Amazon yang menggunakan nomor barcode selain dari merek aslinya – hal ini untuk menghentikan pembajakan atau daftar ilegal. Untuk objektif tersebut, Amazon menjadi ‘lebih ketat’ dengan nomor barcode – meskipun penerapan kebijakan ini tampaknya sangat bervariasi. Kami baru-baru ini berbicara dengan pelanggan yang memiliki 3 produk di Amazon yang menggunakan barcode dari kami. Amazon baru saja memintanya untuk memberikan bukti kepemilikan lebih lanjut untuk salah satu nomor barcode tetapi tidak untuk yang lain. Rupanya, dia memberi mereka bukti yang dibutuhkan (kepemilikan), dan masalah mereka menemui jalan keluar. Kami juga dapat memberikan dokumentasi ini kepada pelanggan kami jika diperlukan, menunjukkan tautan untuk nomor mereka kembali ke penerima lisensi GS1 asli.

Kami tidak tahu ke mana arah Amazon sehubungan dengan kebijakan barcodenya. Kami berharap mereka secara masuk akal dan memungkinkan orang untuk membuat daftar produk menggunakan nomor barcode yang sah dan dapat diverifikasi. Namun, ada kemungkinan Amazon menjadi lebih ketat dan akhirnya tidak lagi menerima barcode kami di masa mendatang.

Kami memiliki banyak pelanggan yang masih dapat menggunakan nomor barcode kami untuk mencantumkan produk mereka di Amazon. Kami berasumsi itu karena jika Amazon memutuskan untuk memeriksa nomor, maka nomor barcode kami dapat dilihat di database GS1 (dengan demikian menunjukkan bahwa produk mereka berasal dari GS1 – meskipun daftar tersebut akan menunjukan penerima lisensi asli dan bukan kami (IBN) sebagai pemiliknya) dan juga karena pelanggan kami dapat mencantumkan detail produk / perusahaan mereka di www.barcodesdatabase.org, yang juga diumpankan ke database lain. Ini dapat membantu pelanggan kami membuktikan kepada Amazon bahwa nomor barcode itu adalah sah. Kami tidak dapat memperbaharui basis data GS1 GEPIR – tidak ada retailer barcode yang dapat melakukannya.

Anda mungkin perlu memasukkan barcode kami di sistem Amazon sebagai versi 12 digit (UPC) tanpa awalan 0 (mis. 0712345678901 menjadi 712345678901) – kedua versi nomor tersebut adalah sama – tetapi Amazon mungkin lebih memilih versi UPC untuk versi saat ini.

  • Terkadang Amazon meminta bukti korelasi antara pemasok (yaitu Anda) dan pemegang lisensi barcode asli (seperti yang tercantum di gepir.org) – kami dapat memberikan dokumen kepada pelanggan kami yang menunjukkan rangkaian bukti ini. Beberapa pelanggan kami telah diterima oleh Amazon.
  • Anda dapat mengajukan permohonan pengecualian ke Amazon untuk nomor GTIN – ini memungkinkan pencantuman produk tanpa GTIN (barcode) – proses dan persyaratan untuk pengecualian ini masih belum jelas.
  • Kami terkadang diberi tahu oleh pelanggan bahwa Amazon memerlukan alamat situs web (URL) mereka pada faktur barcode. Harap beri tahu kami jika Anda ingin alamat situs web Anda ada tercantum di faktur / tanda terima.
  • Baru-baru ini (sejak akhir 2019), Amazon memperketat isian/inputan ‘merek’ saat mendaftarkan produk. Mereka mendorong Anda untuk mendaftar di Direktori brand Amazon. Namun, kami dapat membuat daftar produk menggunakan ‘N/A’ di inputan merek (seperti yang direkomendasikan oleh Amazon). Kemudian anda juga dapat menggunakan kata ‘Generic’ atau ‘unbranded’ di isian merek/brand ini.

Mungkin juga untuk mendaftar di Amazon’s Brand Registry, sehingga Anda lebih mudah untuk memiliki produk yang disetujui di Amazon.

Amazon Error Code

Mendaftarkan produk di amazon bisa jadi terkendala, dan ada beberapa kode kesalahan khusus yang biasanya terjadi saat mencoba mendaftar di Amazon. Ini biasanya berkaitan dengan inputan ‘Merek/brand’ selama proses penambahan produk.

Untungnya, hal ini biasanya memiliki solusi yang sederhana. Kode kesalahan umum dan solusinya dapat dilihat di sini: https://internationalbarcodes.net/amazon-error-codes-and-solutions/.

Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami.