BANTUAN (FAQ)

Jika anda tidak dapat menemukan jawaban untuk pertanyaan anda, silahkan hubungi kami

Barcode adalah gambar yang digunakan untuk mewakili sejumlah kecil informasi yang kemudian dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai kode batang atau aplikasi ponsel. Barcode datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, namun kebanyakan dilihat pada produk ritel untuk menarik harga dan informasi produk di kasir. Dalam kasus ini, kode batang hanya berupa angka 12 atau 13 digit yang dikodekan sebagai gambar. 
Sistem barcode, yang dibuat pada tahun 70-an oleh George Laurer, adalah sistem universal untuk mencatat item dan harga dalam sistem persediaan di seluruh dunia. Ini sekarang digunakan oleh hampir semua pengecer di seluruh dunia dan bekerja berdasarkan premis bahwa setiap kode batang hanya dialokasikan untuk satu produk, oleh karena itu di toko mana pun tidak ada kemungkinan barcode ada pada dua produk yang berbeda. Sistem ini menggabungkan kedua nomor UPC-A dan superset EAN-13 Numbers.
Kami menyediakan barcode ritel EAN-13. Ini adalah barcode yang paling sering digunakan pada semua produk retail di luar AS (kecuali buku dan majalah). Angka-angka kami berasal dari sistem orisinal yang sama dengan GS1, namun sekarang berada di luar GS1. Oleh karena itu kami bisa menjualnya dengan harga sekali bayar.
Jawaban singkatnya adalah ‘ya’, ‘biasanya’. – Sebagian besar pengecer merasa lebih mudah jika produk yang masuk ke toko mereka memiliki barcode pada produk mereka, banyak pengecer memerlukan barcode. Ini berarti bahwa barcode membuka pintu bagi pengecer dan memungkinkan Anda memperluas ketersediaan produk Anda. Jika Anda menjual produk Anda di toko Anda sendiri saja dan tidak memiliki niat untuk menjualnya di tempat lain, Anda dapat memilih untuk tidak menggunakan kode bar pada produk Anda. Anda juga bisa memberi label semua produk yang Anda stok dengan nomor kode bar non-ritel yang mungkin lebih murah. Ini karena jika produk hanya untuk penggunaan internal Anda sendiri, ini tidak perlu menjadi bagian dari ‘Sistem Barcode’.
– Baik Barcode UPC-A Barcode dan EAN-13 digunakan di toko ritel di seluruh dunia, namun 12 digit kode UPC-A paling umum terjadi di Amerika Serikat sedangkan Barcode EAN-13 paling umum terjadi di semua negara lain. Sejauh pengkodean sebenarnya berjalan, barcode ini sangat mirip, sebenarnya sebuah UPC-A Barcode dapat dikodekan sebagai barcode EAN-13 dengan menambahkan ‘0’ ke depan. Dalam kasus ini, gambar atau bar barcode sama persis dengan barcode UPC-A. Pemindai barcode pada umumnya dapat mengambil kedua jenis barcode dengan mudah, namun disarankan jika produk Anda masuk ke AS saja (paling utama) disarankan agar Anda mendapatkan barcode UPC-A. Jika produk Anda dijual di negara lain, barcode EAN-13 adalah yang terbaik.
Silahkan di lihat Perbedaan antara UPC-A dan EAN-13 lebih lanjut.
Opsi terbaik adalah mendapatkan barcode yang berbeda untuk setiap produk atau produk yang bervariasi. Karena toko menggunakan barcode untuk dua tujuan utama: 1. Barcode digunakan untuk mendapatkan harga produk saat dipindai di kasir. 2. Barcode digunakan untuk mencatat stok dan memutuskan kapan menyusun ulang item.
Ini berarti bahwa jika pengecer hanya menggunakan barcode untuk opsi 1, Anda bisa lolos dengan memiliki kode batang yang sama untuk 2 variasi produk (yaitu warna yang berbeda dari produk yang sama), namun jika pengecer menggunakan kode barcode untuk opsi 2 juga, maka barcode yang berbeda akan diperlukan untuk setiap variasi produk. Secara umum pengecer lebih memilih produk stok yang akan langsung diurus untuk dikelola. Beberapa pengecer mungkin memilih untuk tidak memasukkan produk jika harus menghitung berapa jumlah sisa dari setiap ukuran dan menyusun ulang sesuai kebutuhan. Oleh karena itu disarankan agar Anda memiliki barcode yang berbeda untuk setiap variasi.
Satu satunya tipe produk yang tidak memakai Barcode EAN-13 adalah buku dan majalah. Seluruh produk selain daripada itu menggunakan EAN-13 atau UPC-A – Anda dapat membelinya disini.
Barcode kami diterima disemua toko baik lokal maupun internasional, namun ada beberapa sedikit pengecualian. Menurut pengalaman kami, toko yang tidak menerima nomor barcode kami adalah ‘Grup eceran yang sangat murah’ dan ‘Woolworths Australia Central Branches’ di Australia, ‘Walmart, Sam’s Club, Krogers, Fred Mayers, Macy’s & JC Penney’s’ di Amerika dan ‘Super Retail Group and Foodstuffs Auckland & Wellington Branches [Hanya produk makanan]’. Selain daripada toko-toko tersebut, kami telah menjual lebih dari 10.000 nomor barcode, dan tidak pernah menemukan kesulitan dengan toko lainnya. Kami juga dapat menyelenggarakan akreditasi Laporan Verifikasi dimana menyatakan bahwa barcode kami diterima di berbagai toko lebih banyak daripada suplayer barcode lainnya. Untuk informasi lebih detil mengenai toko yang tidak menerima barcode kami dan memerlukan laporan verifikasi, silahkan melihat Halaman Penerimaan Barcode.
Tidak, kami tidak bisa menjamin ini – Tidak ada satu pun Perusahaan penyedia barcode yang dapat menjamin hal ini. Pihak pengecer dapat memilih spesifikasi mereka sendiri untuk barcode yang mereka akan pakai. Kebutuhan ini juga akan selalu berubah ubah sewaktu waktu. Namun demikian kami telah menjual puluhan ribu barcode dan kami sangat yakin selain toko toko yang disebutkan pada pertanyaan sebelumnya, kebanyakan toko akan menerima nomor barcode kami. Jika anda tidak yakin, silahkan hubungi kami untuk menyebutkan toko yang anda maksudkan.
Jika anda hanya membeli 1 nomor barcode, maka anda tidak mendapatkan awalan kode perusahaan (tidak ada perusahaan barcode yang dapat memberikan hal ini). Tetapi jika anda melakukan pembelian sebanyak 10, 100, 1000 atau 10.000 barcode dari kami, maka kami dapat menyediakan kode unik perusahaan untuk anda. Jumlah digit kode perusahaan tergantung dengan seberapa banyak variasi yang diperlukan untuk sampai kesuluruhannya adalah sebanyak 13 digit. Jadi jika anda membeli 10 barcode, kode awalan perusahaan anda adalah 1 digit lebih panjang daripada anda membeli 100.
 Sebuah retail barcode adalah hanya nomor unik yang diubah menjadi gambar. Jadi nomor tersebut tidak memiliki informasi perusahaan atau produk didalamnya. Ketika barcode sampai pada pusat pertokoan, informasi produk disimpan pada sistem pindai toko jadi saat barcode di-scan maka akan langsung terhubung pada komputer kemudian diasosiasikan kepada informasi produk yang dimaksud.
 Anda dapat membeli barcode disini. Pembelian barcode adalah sekaligus dengan gratis registrasi nomor barcode. Setelah anda ‘Check-Out’ anda dapat memilih pembayaran dengan credit card. Setelah pembayaran selesai, kami akan mengirim email yang berisi barcode beserta dengan gambar dalam lampiran. Jika anda ingin membeli dengan cara transfer bank atau dengan metode lainnya silahkan hubungi kami. 
 Seketika anda menerima nomor barcode dengan file gambar dalam lampiran email, anda dapat langsung memasangkan barcode tersebut dengan kemasan produk anda atau langsung dicetak pada label tempelan. Anda dapat mengubah ulang ukuran barcode sebelum melakukan ini jika diperlukan, namun anda perlu memperhatikan dimensi barcode. Ketika pihak pengecer menerima barcode anda dan mereka akan memindai barcode kedalam sistem mereka kemudian memasukan informasi produk, jadi pada saat barcode tersebut di-scan, informasi produk akan otomatis tampil.
 Ya, pastinya demikian. Kami menyediakan EAN-13 Barcode (yang dimana sudah digunakan di hampir seluruh negara).

Barcode kami saat ini sudah digunakan di negara-negara sebagai berikut: Australia, Bahrain, Belgia, Brasil, Kamboja, Kamerun, Kanada, Pulau Channel, RRC (China), Pulau Cook, Curacao, Cyprus, Denmark, Republik Dominika, Timor Timur, Inggris, Indonesia, Finlandia, Perancis, Jerman, Ghana, Yunani, Hong Kong,  India,  Irlandia,  Israel,  Italia,  Jamaika,  Jepang,  Jersey,  Kiribati,  Kuwait,  Libanon,  Lithuania,  Malaysia,  Malta,  Maurisius,  Meksiko,  Mozambik,  Belanda, Kaledonia Baru, Selandia Baru, Norwegia, Papua New Guinea, Portugis, Rarotonga, Rwanda, Singapur, Skotlandia, Slovakia, Slovenia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol, Kesultanan Oman,  Suriname, Switzerland, Taiwan, Tonga, Uni Emirat Arab, Uganda, Amerika, Vanuatu, Wales, Zambia

Daftar negara diatas akan terus bertambah sejalan dengan waktu, jadi silahkan informasikan kepada kami jika negara anda tidak ada pada daftar kami and kami akan mengecek jika ada tambahan data terbaru. Atau mungkin andalah yang pertama.

 Kami menawarkan nomor barcode resmi dengan harga terjangkau dan hanya cukup 1 kali bayar. Beberapa keunggulan lainnya yaitu :

  1. Barcode Murah – Akan malah sangat hemat jika membeli lebih banyak
  2. Tidak ada biaya tambahan setelahnya – Barcode dijual dengan cukup sekali bayar
  3. File gambar barcode disediakan – kami juga memberikan file barcode resolusi tinggi (600dpi) dalam 5 format file yang berbeda (Bitmap, eps, Tiff, Jpeg, & PDF)
  4. Tidak perlu mendaftar sebagai member – Tidak perlu menghabiskan waktu mengisi formulir dan membayar biaya member.
  5. Layanan sangat cepat
  6. Memberikan laporan verifikasi yang terakreditasi – kami secara independen dapat menyediakan laporan resmi dimana menjelaskan bahwa barcode kami diterima diberbagai pertokoan lebih dari penyedia barcode lainnya. Untuk info lebih lengkap silahkan kunjungi tautan ini

 Ya, kami jamin nomor barcode yang kami jual tidak pernah dipakai sebelumnya. Nomor kami unik dan orisinil yang berasal dari Uniform Code Council (sekarang disebut GS1 US). Kami memberikan sertifikat jaminan dimana dapat anda gunakan sebagai bukti otentik bahwa anda adalah pemilik resmi dari nomor barcode yang sudah dibeli. Kami juga memiliki garansi tertulis dari perusahan yang menyatakan barcode ini berasal dari nomor yang hanya untuk dijual kembali – Perusahaan ini adalah rekomendasi dari George Laurer (Penemu UPC Barcode). Selanjutnya, kami selalu intensif melakukan pemeriksaan jika terdapat penyalahgunaan nomor barcode di internet, jadi anda dapat dengan yakin saat anda membeli tidak ada yang menyalahgunakan nomor tersebut secara ilegal. 
 Tidak, ketika anda membeli barcode dari kami, maka barcode tersebut sepenuhnya milik anda tanpa batas waktu dan dapat digunakan sepenuhnya oleh anda. Kami memiliki barcode yang terpilih yang tidak memerlukan biaya tahunan karena barcode tersebut diluar dari pengawasan GS1. Kami memberikan keuntungan ini kepada pelanggan kami. 
Pada tahun 1990 GS1 didirikan diberbagai belahan dunia. Mereka melisensikan 13 digit nomor barcode kepada anggota mereka (seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mereka memberikan biaya keanggotaan). Lalu terdapat organisasi yang terpisah di Amerika – Uniform Code Council (UCC) – dimana mereka menjual 12 digit barcode kepada anggota dengan hanya 1 kali pembayaran. (tidak ada biaya lisensi tahunan) UCC sangat efektif berkompetisi dengan GS1. 12 Digit barcode mereka sangat efektif beradaptasi pada sistem 13 digit. Di akhir tahun 1990, UCC bergabung dengan GS1 dengan nama GS1 US. Dengan sejalannya dari perubahan ini, mereka memutuskan untuk memulai memberikan biaya tahunan untuk setiap anggota mereka. Tentu saja, kebanyakan dari anggota mereka tidak senang dengan kebijakan ini, maka sebagian besar kelompok mengajukan protes di pengadilan untuk melawan GS1. Anggota menang dalam peradilan pada awal tahun 2000, yang menghasilkan kerugian GS1 sebesar jutaan dolar. Konsekuensi selanjutnya adalah pembuktian nomor yang dikeluarkan UCC pada tahun 1990 adalah diluar dari pengawasan GS1 sekarang, jadi tidak ada biaya lisensi. Ini adalah nomor yang dibeli oleh reseler dan tidak dijual. Mereka adalah anggota ‘baru’, dalam hal ini barcode ini belum pernah digunakan pada produk retail, tapi masih masuk dalam sistim GS1.
 Standard resmi ukuran EAN-13 barcode adalah 37.3×25.9mm – Ini bisa diperkecil sampai 80% yaitu sekitar 20x30mm atau diperbesar sampai 200% dari standard. Ini semua tergantung pihak penjual apakah cocok dengan ukuran yang lebih kecil atau lebih besar, tetapi jika anda memerlukan laporan verifikasi maka anda harus memenuhi standar aturan barcode atau akan berdampak tidak lulus proses verifikasi. Penting untuk diperhatikan untuk menguji coba scan barcode sebelum pengiriman ke toko toko. Silahkan melihat Dimensi Barcode untuk ukuran standar resmi. 
 Tidak – Tidak ada database resmi yang paling terkini untuk barcode yang ter-registrasi (baik nasional maupun internasional). Registrasi barcode adalah tidak harus. Tergantung dari pihak penjual dan GS1 untuk memastikan setiap nomor hanya dijual sekali dan tergantung pabrik (anda) untuk memastikan setiap barcode hanya dialokasikan untuk satu produk. Kami memberikan opsi registrasi barcode yang mana memiliki berbagai macam keuntungan. Kunjungi tautan ini untuk detil lebih lengkap. 
– George Laurer menemukan 12 digit UPC-A Sistim Barcode ketika dia bekerja untuk IBM. Dia adalah pendukung reseller nomor barcode sama seperti kita dan tidak suka dengan cara GS1 memutuskan untuk membatasi jumlah dipasaran dengan memberikan biaya yang tinggi. 
– International Barcodes Network dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan ketersediaan reseller barcode dan informasi barcode secara global. Mereka melakukan ini dengan memberikan kantor lokal beserta lisensinya, yang dimana mereka mengetahui pasarnya masing masing, memberikan nomor barcode reseller dengan harga terjangkau dan terlokalisasi.
 Ya, Ini masih mungkin untuk mencetak barcode anda di sesuatu yang berwarna selain hitam dan putih namun untuk dapat dipindai dengan baik tergantung dari kontras warna apakah masih dalam level yang baik antara warna dasar dan kode batang. Jadi barcode warna kuning muda diatas warna dasar putih akan tidak bisa berfungsi jika dipindai tetapi biru tua diatas warna dasar putih akan dapat dibaca dengan baik. Kami ingatkan sekali lagi untuk mencoba pindai barcode dahulu sebelum mencetak lebih banyak barcode untuk produk anda. 
– Global location number adalah nomor unik global dimana digunakan oleh sebagian pihak pengecer (retailer) sebagai identifikasi lokasi penyedia barang. Ini bisa dibeli here

Jika anda memiliki pertanyaan lainnya, silahkan untuk menghubungi kami. Jika anda siap untuk membeli, anda dapat melakukannya disini.